Monday, November 14, 2016

Viral, Uang Pecahan Rp.100.000 Diduga Mempunyai Logo PKI

    Uang merupakan salah satu alat pembayaran yang sah atas sejumlah barang yang dibeli dan merupakan alat transaksi paling umum digunakan sehari-hari. Siapa sih yang tidak menggunakan uang dalam kehidupan sehari-hari dan sekarang yang sedang menjadi bahan pembicaraan hangat yaitu uang pecahan Rp.100.000 yang dinilai mempunyai logo yang menyerupai Palu Arit, yang kita ketahui bersama bahwa “Palu Arit” merupakan lambang dari Partai Komunis Indonesia.


Maraknya kabar uang kertas Rp.100.000 yang diterbitkan BI bergambar hologram menyerupai palu arit terjadi di media social (medsos), seperti facebook dalam beberapa hari terakhir. Sejumlah netizen membagikan foto-foto perbedaan tanda pengaman uang kertas tersebut antara pecahan Rp.100.000 cetakan lama dengan cetakan baru.  Netizen mengungkap, gambar hologram menyerupai palu arit itu muncul di uang rupiah Rp.100.000 cetakan baru. 

Pejabat BI Arbonas Hutabarat dari Departemen Komunikasi menyampaikan klarifikasi resmi terkait dugaan gambar isu tersebut.



“Sehubungan dengan maraknya informasi di media social yang mengaitkan beberapa tanda di uang rupiah dengan symbol-simbol terlarang, dengan ini Bank Indonesia menegaskan bahwa informasi atau penafsiran tersebut tidak benar.”

Dalam melaksanakan tugas pokok dibidang  pengedaran uang, Bank Indonesia senantiasa berupaya agar uang Rupiah yang dikeluarkan dan diedarkan memiliki ciri pengaman yang cukup mudah dikenali masyarakat sekaligus melindungi uang dari unsur pemalsuan.

Bagaimana menurutmu? Apakah logo tersebut cukup memiliki kesamaan dengan lambang partai komunis Indonesia seperti yang diungkapkan oleh banyak pihak. Atau anda hanya berpikir ini adalah sesuatu yang dilebih-lebihkan hanya untuk mendapat perhatian public dari orang yang tidak bertanggung jawab. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini telah menjadi bahan pembicaraan diberbagai media social.


EmoticonEmoticon