Monday, November 14, 2016

Yuk Cari Tahu, Gejala Yang Muncul Setelah Terinfeksi HIV

    Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan nama HIV merupakan salah satu virus yang paling berbahaya dan mematikan didunia yang belum ditemukan obat penyembuhnya secara pasti. Banyak orang yang tidak sadar telah terinfeksi virus HIV, umumnya memang tidak ada gejala awal ketika virus baru masuk ke dalam tubuh karena masa inkubasi virus rata-rata 5-10 tahun. Gejala terinfeksi virus HIV saja terasa setelah 10 tahun kemudian. Saat itu pun pasien sudah terkena AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) akibat infeksi HIV.

    Gejala yang paling sering muncul menurut keterangan dr. Dwinita Vivianti, SpPD yaitu sering flu. serangan flu mungkin tidak jelas apakah sebagai gejala HIV/AIDS, alergi atau sakit biasa. flu yang perlu dicurigai sebagai penyebab AIDS adalah jika sebelumnya jarang terkena flu atau pun sebelumnya pernah melakukan hubungan seks bebas atau menggunakan jarum suntik yang bergantian. Bagi anda yang mungkin sering terkena flu akhir-akhir ini wajib waspada dan selalu memeriksakan diri ke rumah sakit.


   Pada dasarnya penyakit AIDS dapat dilihat dengan gejala yang timbul baik gejala berat maupun gejala ringan. Gejala berat diantaranya adalah;
1. Batuk kronis lebih dari tiga bulan
2. Diare kronis lebih dari 6 bulan
3. Demam secara terus menerus
4. Menurunnya berat badan hingga 10% dari berat badan awal.

    Sedangkan gajala ringan yaitu seperti;
1. Sariawan di mulut yang tak kunjung sembuh 
2. Penyakit kulit yang tak kunjung sembuh meski sudah diberikan obat oleh dokter
3. Muncul kotoran putih di mulut
4. Sarkoma kaposi (muncul biru-biru menonjol di kulit)
5. Mudah lelah yang berkepanjangan karena kadar hemoglobin yang menurun.

    Semua gejala-gejala diatas muncul akibat sistem daya tahan tubuh menurun akibat virus. Gejala terinfeksi virus yang muncul pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada daya tahan tubuh. Gejala tersebut bisa saja mulai terasa jelas puluhan tahun kemudian. Untuk meminimalisir penularan virus HIV kita wajib untuk menghindari tindakan-tindakan beresiko munculnya HIV seperti yang dijelaskan diatas.

 


EmoticonEmoticon