Wednesday, February 8, 2017

5 Cara Mengatasi Gangguan Tidur (Insomnia)


    Imsomnia atau gangguan tidur adalah sebuah penyakit yang sangat merepotkan bagi sebahagian orang yang ingin beraktivitas pagi-pagi. Mereka yang terkena Imsomnia cenderung mudah marah dan emosi di saat mereka mencoba tidur namun tidak dapat terwujud. Lantas bagaimanakah cara mengatasi penyakit yang satu ini! mari kita telusuri lebih dalam.

1. Berolahraga Teratur


    Dengan berolahraga teratur, sirkulasi udara dalam darah anda akan menjadi lancar. Dengan lancarnya sirkulasi darah, hal ini akan membuat tubuh anda kembali normal dimana anda akan lebih mudah tertidur di saat malam. Cobalah lakukan olahraga ringan setiap harinya dan anda pasti akan mendapatkan hasil yang anda inginkan, selain tubuh anda menjadi sehat juga gangguan tidur anda menjadi hilang.

2. Hindari Makan Berlebihan Di Saat Malam


    Hindarilah makan berlebihan di saat malam, karena kenapa? hal ini akan membuat perut anda bekerja ekstra berlebihan. Lambung akan terus bekerja di saat malam dan hal ini akan membuat tubuh anda dalam kondisi tetap aktif karena untuk memproses makanan lambung akan bekerja selama 4 jam tanpa henti. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan anda dan terutama anda rentan terkena insomnia atau gangguan tidur.

3. Lingkungan Tempat Tidur Yang Nyaman


    Perhatikan kondisi lingkungan tempat anda tidur, apakah tetangga anda membuat keributan sehingga setiap malam anda terjaga hingga pagi! atau kondisi tempat tidur anda yang kurang nyaman?, cobalah untuk merubahnya. Karena kondisi tempat tidur anda adalah faktor yang paling utama anda bisa terlelap atau tidak.
Jika ada tetangga atau teman sekamar yang mendengkur sewaktu tidur, cobalah untuk berbicara atau mencari solusi terbaik untuk jalan keluar dari insomnia anda.

4. Hindari Minum Minuman Stimulan (Seperti Kopi)

    Minum kopi mungkin bagi kebanyakan orang adalah suatu hal yang nikmat, namun bila anda terkena penyakit gangguan tidur, sebaiknya anda berpikir dua kali. Karena kopi biasanya akan membuat anda terjaga semalaman. Di samping itu anda juga harus menghindari merokok karena sama dengan kopi, rokok juga menstimulan tubuh untuk tetap dalam kondisi aktif di kala malam hari.

5. Mandi Air Hangat 30 Menit Sebelum Tidur


    Mandi adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, nah mungkin cara yang satu ini akan senang anda lakukan setiap harinya. Mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membuat tubuh anda menjadi relax (santai). Sebenarnya hal ini sudah di lakukan oleh orang-orang Jepang sejak dahulu. Terbukti mereka yang kehidupannya sangat disiplin tetap bisa bangun lebih awal untuk menjalani aktivitas sehari-hari.



EmoticonEmoticon